Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Determinan Market Share Perbankan Syariah Di Indonesia. Periode penelitian ini 2011-2017. Penelitian ini menggunakan metode Vector Error Correction Model (VECM). Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah Market Share sebagai variabel dependen, dan variabel independent yaitu Jumlah Kantor, NPF, BOPO, ROA, DPK, Inflasi, dan BI Rate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel BOPO, ROA dan BI Rate berpengaruh signifikan positif terhadap Market Share. Sedangkan variabel DPK, Inflasi, dan NPF berpengaruh signifikan negatif terhadap Market Share, serta variabel Jumlah Kantor tidak berpengaruh terhadap Market Share. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa variabel indenpenden yang digunakan dalam penelitian ini menggambarkan variabel dependen dengan baik. Hal ini ditunjukkan oleh Adjusted R2 sebesar 0.812345 atau 81.23%. Sementara 18.77% dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini.