Abstrak
Pembelian impulsif merupakan pembelian yang dilakukan tanpa direncanakan sebelumnya. Individu dapat melakukan pembelian impulsif dimana saja, kapan saja dan dengan berbagai cara salah satunya yaitu belanja online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara gaya hidup dengan pembelian online impulsif pada dewasa awal. Sampel penelitian ini adalah dewasa awal (18-40 tahun) berjumlah 170 orang (133 perempuan dan 37 laki-laki) yang sedang bekerja dan melakukan belanja online. Intstrumen penelitian menggunakan skala Activity Interest Opinion Value (AIOV) yang dikembangkan oleh Chian-Son Yu (2011) dan skala Online Buying Impulsiveness yang dikembangakan oleh Sun dan Wu (2011). Teknik pengambilan data menggunakan google form serta teknik analisa regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara gaya hidup dengan pembelian online impulsif sebesar 9,4% dengan taraf signifikan (P <0,001). Artinya gaya hidup memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap terbentuknya pembelian online impulsif