Abstrak
Waktu tunggu digunakan pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan mulai tempat pendaftaran sampai masuk ke ruang pemeriksaan dokter, kemudian menjadi pertimbangan pasien untuk bersikap positif terhadap pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui determinan waktu tunggu pasien rawat jalan di Poli Umum Rumah Sakit X tahun 2018. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2018 di Poli Umum Rumah Sakit X Kota Bekasi. Disain penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah quota sampling. Sampel pada penelitian sebanyak 100 pasien. Hasil analisis univariat penelitian ini menunjukkan distribusi responden hasil rata-rata pada waktu tunggu 52% tidak sesuai standar (≥ 60 menit), 29% dokter terlambat (≥ pukul 08.00), 58% jumlah pasien perhari ?banyak? (> 28 orang), 88% status pasien ?lama?, lamanya pemeriksaan pasien sesuai standar < 15 menit (86%). Hasil analisis chi square menunjukkan dari semua variabel ada yang memiliki hubungan yaitu keterlambatan dokter (0,000) dan status pasien (0,046), sedangkan yang tidak memiliki hubungan yaitu jumlah pasien perhari (0,456) dan lamanya pemeriksaan pasien (0,460). Diharapkan pihak Rumah Sakit untuk semakin meningkatkan kualitas sarana dan prasarana serta kompetensi tenaga kesehatan semaksimal mungkin.