Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasa ingin tahu (curiosity) terhadap
kesiapan kerja (work readiness) pada mahasiswa semester akhir Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang menggunakan instrumen Curiosity
and Exploration Inventory-II Scale yang disusun oleh Kashdan, et al (2009) untuk
mengukur rasa ingin tahu (curiosity) dan Work Readiness Scale yang disusun oleh
Caballero, C., Walker, A., & Fuller-Tyszkiewicz (2011) untuk mengukur kesiapan
kerja (work readiness). Responden penelitian ini berjumlah 229 mahasiswa semester
akhir yang sedang melakukan penelitian skripsi di tahun 2020 dari 8 Fakultas yang ada
di UHAMKA yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisa dalam
penelitian ini menggunakan analisa regresi linier dalam SPSS versi 23. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara rasa ingin tahu
(curiosity) terhadap kesiapan kerja (work readiness) dengan nilai p = 0,000 < 0,001
dan nilai R square sebesar 0,208. Hal ini berarti rasa ingin tahu (curiosity)
mempengaruhi kesiapan kerja sebesar 20,8% dan sisanya sebesar 79,2% berasal dari
faktor lain yang tidak diketahui dalam peneliti ini