Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasa ingin tahu (curiosity) terhadap kesiapan kerja (work readiness) pada mahasiswa semester akhir Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang menggunakan instrumen Curiosity and Exploration Inventory-II Scale yang disusun oleh Kashdan, et al (2009) untuk mengukur rasa ingin tahu (curiosity) dan Work Readiness Scale yang disusun oleh Caballero, C., Walker, A., & Fuller-Tyszkiewicz (2011) untuk mengukur kesiapan kerja (work readiness). Responden penelitian ini berjumlah 229 mahasiswa semester akhir yang sedang melakukan penelitian skripsi di tahun 2020 dari 8 Fakultas yang ada di UHAMKA yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisa dalam penelitian ini menggunakan analisa regresi linier dalam SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara rasa ingin tahu (curiosity) terhadap kesiapan kerja (work readiness) dengan nilai p = 0,000 < 0,001 dan nilai R square sebesar 0,208. Hal ini berarti rasa ingin tahu (curiosity) mempengaruhi kesiapan kerja sebesar 20,8% dan sisanya sebesar 79,2% berasal dari faktor lain yang tidak diketahui dalam peneliti ini