Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan atau keterkaitan antara Career self esteem yang dimiliki oleh siswa kelas 3 dan lulusan pendidikan menengah kejuruan dengan kemampuan Career Adaptability dalam persaingan dunia kerja. Penelitan ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi pada lingkup siswa kelas 3 dan lulusan pendidikan menengah kejuruan (SMK). Responden penelitian yang dimiliki sebanyak 141 responden siswa kelas 3 dan lulusan pendidikan menengah kejuruan (SMK).. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode pengumpulan data Non Probability Sampling dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Kemampuan Adaptasi Karir (CAAS) yang disusun oleh (Savickas & Profeli, 2012) dan Skala Career Self Esteem (SEI-Coopersmith) yang disusun oleh (McGraw-Hill Companies, 2005). Teknik analisis Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Korelasi yang dimana analisis ini menguji hubungan antara dua variabel yaitu Career Self Esteem Scale dan Career Adaptability Scale. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Career Self Esteem dengan Career Adaptability dengan nilai signifikan sebesar 0.033 dengan taraf signifikan P< 0.05 dengan nilai Pearson Correlation sebesar -0.180 yang artinya memiliki hubungan dengan tingkatan rendah. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi Career Self esteem semakin tinggi pula kemampuan Career Adaptability pada siswa lulusan pendidikan vokasi. Maka kemampuan adaptasi karir berhubungan positif dengan harga diri karir yang dimiliki siswa dengan lulusan pendidikan vokasi.