Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji besar pengaruh dari kebermaknan kerja pada karyawan terhadap meningkatkan kreativitas pada karyawan, saat ini perusahaan tengah menghadapi tantangan inovasi yang konstan untuk bertahan dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif dan cepat berubah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Work and Meaning Inventory (WAMI) yang disusun oleh Steger, Dik, dan Duffy (2012), dan Creative Process Engagement yang disusun oleh Zhang dan Bartol (2010). Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan program SPSS for Windows Release 23.0. Penelitian ini melibatkan responden karyawan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Swasta dengan menggunakan analisis regresi. Responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 184 responden. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kebermaknaan kerja pada karyawan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kreativitas karyawan, hal tersebut dibuktikan dengan adanya koefisien R = 0,748 dan R Square = 0,560 atau 56%. Dengan nilai β = 0,748 (P. Sign. <0,001). Ini berarti bahwa kebermaknaan kerja memberikan efek positif signifikan terhadap kreativitas karyawan yang dimiliki seseorang.