Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji besar pengaruh dari kebermaknan kerja pada
karyawan terhadap meningkatkan kreativitas pada karyawan, saat ini perusahaan
tengah menghadapi tantangan inovasi yang konstan untuk bertahan dalam
lingkungan bisnis yang semakin kompetitif dan cepat berubah. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah The Work and Meaning Inventory (WAMI)
yang disusun oleh Steger, Dik, dan Duffy (2012), dan Creative Process Engagement
yang disusun oleh Zhang dan Bartol (2010). Data dalam penelitian ini dianalisis
menggunakan program SPSS for Windows Release 23.0. Penelitian ini melibatkan
responden karyawan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Swasta
dengan menggunakan analisis regresi. Responden yang digunakan dalam penelitian
ini berjumlah 184 responden. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa
kebermaknaan kerja pada karyawan memberikan kontribusi yang signifikan
terhadap kreativitas karyawan, hal tersebut dibuktikan dengan adanya koefisien R
= 0,748 dan R Square = 0,560 atau 56%. Dengan nilai β = 0,748 (P. Sign. <0,001).
Ini berarti bahwa kebermaknaan kerja memberikan efek positif signifikan terhadap
kreativitas karyawan yang dimiliki seseorang.