Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Self Esteem berperan sebagai
moderator dari hubungan antara Self-Presentaion Individu di Instagram terhadap
Subjective well-being Responden penelitian ini berjumlah 215 responden.
Instrument yang digunakan untuk Self-Presentation adalah Efficacious SelfPresentation Scale (ESS), variable Subjective Well-being adalah PERMA dan
variable Self Esteem adalah Rosenberg Self-Esteem Scale (RSE). Teknik analisis
dalam peneltian ini adalah analisis efek moderator model 1 PROCESS (Hayes,
2013). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Self Esteem secara signifikan
memoderatori hubungan Self-Presentation terhadap Subjective Well-being dengan
nilai probability value sebesar 0,0009 (P<0,001). Hal ini menunjukan jika SelfPresentation akan merubah Subjective Well-being jika dimoderatori dengan SelfEsteem. Jika semakin tinggi self presentation Individu di Instagram dibersamai
dengan Self esteem yang tinggi makan akan didapatkan hasil Subjective Well-being
yang rendah. Hal ini akan didiskusikan di bab diskusi.