Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Self Esteem berperan sebagai moderator dari hubungan antara Self-Presentaion Individu di Instagram terhadap Subjective well-being Responden penelitian ini berjumlah 215 responden. Instrument yang digunakan untuk Self-Presentation adalah Efficacious SelfPresentation Scale (ESS), variable Subjective Well-being adalah PERMA dan variable Self Esteem adalah Rosenberg Self-Esteem Scale (RSE). Teknik analisis dalam peneltian ini adalah analisis efek moderator model 1 PROCESS (Hayes, 2013). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Self Esteem secara signifikan memoderatori hubungan Self-Presentation terhadap Subjective Well-being dengan nilai probability value sebesar 0,0009 (P<0,001). Hal ini menunjukan jika SelfPresentation akan merubah Subjective Well-being jika dimoderatori dengan SelfEsteem. Jika semakin tinggi self presentation Individu di Instagram dibersamai dengan Self esteem yang tinggi makan akan didapatkan hasil Subjective Well-being yang rendah. Hal ini akan didiskusikan di bab diskusi.