Abstrak
(Career Decision Learning Experiences) merupakan suatu pemahaman tentang memahami potensi pengalaman belajar individu yang berbeda mengenai keputusan karir di masa depan dan untuk mengurangi kesulitan muda dalam menghadapi keputusan karier mereka untuk pertama kalinya (Bike, 2013). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman belajar dalam pengambilan keputusan karir terhadap adaptabilitas karir. Responden penelitian sebanyak 141 responden dengan jumlah subjek 41 orang laki-laki dan 100 orang perempuan yang merupakan siswa/i kelas 3 SMK maupun lulusan dari SMK didapatkan secara acak pada wilayah JABODETABEK. Menggukanakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan non probability samping dengan instrumen yang digunakan adalah Skala Adaptabilitas Karir (CAAS; Savickas & Porfeli, 2012) dan Career Decision Learning Experience Scale (CDLE; Bike, 2013). Teknik analisis statistik yang digunakan adalah analisis hirarki regresi menggunakan (SPSS) versi 23.0. Hasil dari penelitian yang diperoleh dengan nilai korelasi (R) yaitu sebesar 0.636 dan nilai kontribusi R Square sebesar 0.405. Hal ini menunjukan pengaruh variabel pengalaman belajar dalam pengambilan keputusan terhadap adaptabilitas karir sebesar 40,5% dengan nilai R Square Change sebesar 0.405 dan tingkat signifikan sebesar 0.000 (P<0,05) yang artinya signifikan. Artinya variabel pengalaman belajar dalam pengambilan keputusan karir memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel adaptabilitas karir. Dengan demikian dapat disimpulkan semakin tinggi pengalaman belajar dalam pengambilan keputusan karir maka semakin tinggi tingkat kemampuan adaptabilitas karir pada lulusan pendidikan vokasi.