Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kesejahteraan Emosi Terhadap Kecerdasan
Sosial pada Remaja. Responden penelitian ini berjumlah 193 remaja berusia 15 sampai 18 tahun.
Instrument yang digunakan untuk mengukur Kecerdasan Sosial adalah Kecerdasan Sosial
Remaja yang diadaptasi oleh Darmaningrum (2016) dari Virtues In Action Inventory Of
Strengths (VIA) dengan jumlah item sebanyak 19 item. Sedangkan untuk mengukur
Kesejahteraan Emosi digunakan alat ukur Positive Affect and Negative Affect Scale (PANAS)
yang disusun oleh Watson, dkk (1988) dengan jumlah item sebanyak 20 item. Dilakukan
perhitungan statistik dengan teknik analilis Uji Regresi menggunakan IBM SPSS Versi 23 untuk
melihat pengaruh Kesejahteraan Emosi Terhadap Kecerdasan Sosial pada Remaja. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa Kesejahteraan Emosi Terhadap Kecerdasan Sosial pada
Remaja., hal ini ditunjukkan oleh R Square sebesar 0.230 dan nilai F sebesar 57.109 dengan
probability values sebesar 0,000 (F = 57.109; P < 0.05) yang menunjukan bahwa nilai F
signifikan. Hasil ini menunjukan bahwa Kesejahteraan Emosi Terhadap Kecerdasan Sosial pada
Remaja. sebesar 23%. Variable lain yang tidak diteliti kali ini menunjukkan pengaruh sebesar
oleh 77%. Hal ini mengarahkan peneliti untuk menerima Ha dan menolak Ho, yang berarti
terdapat pengaruh yang signifikan dari Kesejahteraan Emosi Terhadap Kecerdasan Sosial.