Abstrak
Mahasiswa Strata 1 yang sedang mengerjakan skripsi memiliki proses panjang mulai dari pengerjaan, bimbingan, perbaikan yang selayaknya dilakukan secara terus menerus dan berulang sehingga memerlukan ketekunan. Namun terdapat masalah yang menghambat terciptanya ketekunan mahasiswa salah satunya ialah rasa tidak semangat dan malas. Untuk mencapai ketekunan sendiri diperlukan kemauan dan keyakinan atau biasa disebut self efficacy (efikasi diri). Selain self efficacy, motivasi juga diperlukan sebagai dorongan untuk mengerjakan skripsi, dengan adanya dorongan mahasiswa akan mengerjakan tugas skripsinya dengan tekun. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh antara self efficacy dan motivasi pada ketekunan mahasiswa skripsi. Sampel penelitian yaitu 307 orang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dari beberapa universitas yang berada di Jabodetabek. Penelitian bersifat kuantitatif ini diujikan dengan sistem dari aplikasi IBM SPSS versi 26 menggunakan teknik analisa data multiple regresi. Skala penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu General Self Efficacy Scale sebagai alat ukur self efficacy, Academic Motivation Scale sebagai alat ukur motivasi, dan Motivational Persistence Scale sebagai alat ukur ketekunan. Hasil penelitian dengan teknik multi regresi kedua variabel yaitu self efficacy dan motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap ketekunan (R = 0.620 dan R2 = 0.385) dimana kedua variabel memberikan kontribusi terhadap ketekunan sebesar 38,5% dengan taraf signifikan P<0.001. Sehingga dapat disimpulkan self efficacy dan motivasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ketekunan pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menguji ketiga variabel dengan objek ataupun teknik analisa data lainnya.