Abstrak
Mahasiswa Strata 1 yang sedang mengerjakan skripsi memiliki proses
panjang mulai dari pengerjaan, bimbingan, perbaikan yang selayaknya
dilakukan secara terus menerus dan berulang sehingga memerlukan
ketekunan. Namun terdapat masalah yang menghambat terciptanya
ketekunan mahasiswa salah satunya ialah rasa tidak semangat dan
malas. Untuk mencapai ketekunan sendiri diperlukan kemauan dan
keyakinan atau biasa disebut self efficacy (efikasi diri). Selain self
efficacy, motivasi juga diperlukan sebagai dorongan untuk mengerjakan
skripsi, dengan adanya dorongan mahasiswa akan mengerjakan tugas
skripsinya dengan tekun. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah
ada pengaruh antara self efficacy dan motivasi pada ketekunan
mahasiswa skripsi. Sampel penelitian yaitu 307 orang mahasiswa yang
sedang mengerjakan skripsi dari beberapa universitas yang berada di
Jabodetabek. Penelitian bersifat kuantitatif ini diujikan dengan sistem
dari aplikasi IBM SPSS versi 26 menggunakan teknik analisa data
multiple regresi. Skala penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu General Self Efficacy Scale sebagai alat ukur self efficacy,
Academic Motivation Scale sebagai alat ukur motivasi, dan
Motivational Persistence Scale sebagai alat ukur ketekunan. Hasil
penelitian dengan teknik multi regresi kedua variabel yaitu self efficacy
dan motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap ketekunan (R =
0.620 dan R2 = 0.385) dimana kedua variabel memberikan kontribusi
terhadap ketekunan sebesar 38,5% dengan taraf signifikan P<0.001.
Sehingga dapat disimpulkan self efficacy dan motivasi memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap ketekunan pada mahasiswa yang
sedang mengerjakan skripsi. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat
menguji ketiga variabel dengan objek ataupun teknik analisa data
lainnya.