Abstrak
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dimensidimensi orientasi tujuan terhadap prestasi akademik. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Academic Self Efficacy yang disusun oleh Roeser,
Midgley, & Urdan, (1996), Achievement Goal Orientation yang disusun oleh Was
Christoper, (2006) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari responden. Teknik
analisis dalam penelitian ini adalah analisis hirarki regresi. Penelitian ini melibatkan
responden yang berjumlah 154 mahasiswa pengahafal Al-Qur?an. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa efikasi diri dan tujuan penguasaan memiliki pengaruh
positif tidak signifikan terhadap prestasi akademik dilihat dari nilai β sebesar 0,000
dan nilai signifikan sebesar 0,985 (p>0,05). Selanjutnya, pada efikasi diri dan
dimensi tujuan pencapaian kinerja terhadap prestasi akademik didapati hasil positif
tidak signifikan, dilihat dari nilai β sebesar -0,006 dan nilai signifikan sebesar 0,253
(p>0,05). Sedangkan pengaruh efikasi diri dan dimensi tujuan penghindaran
terhadap prestasi akademik, didapati hasil negative signifikan, dilihat dari nilai β
sebesar -0,006 dan nilai signifikan sebesar 0,019 (p<0,05). Dan terakhir, pengaruh
efikasi diri dan dimensi tujuan penghindaran kerja terhadap prestasi akademik, juga
didapati hasil negatif signifikan, dilihat dari β sebesar -0,013 dengan nilai t sebesar
-2,348 dan signifikan sebesar 0,020 (p<0,05). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan
apabila semakin tinggi efikasi diri ditambah dengan dimensi tujuan penghindaran
kinerja dan dimensi tujuan penghindaran kerja, maka akan semakin rendah prestasi
akademiknya.