Abstrak
Perkembangan teknologi sangatlah pesat, penyampaian atau penerimaan pesan informasi tidak melulu melalui televisi atau radio saja, tetapi saat ini media sosial juga alat bertukar informasi tekini dan lebih mudah mendapatkan informasi secara cepat. Salah satu media massa yang banyak digunakan di Indonesia ialah instagram. Media massa juga bisa mempengaruhi sikap terhadap cara berpikir khalayak. Peneliti memilih penelitian berjudul ?Sikap followers terhadap postingan ?Bijak Kelola Sampah? dalam akun instagram @waste4change?. Peneliti ingin mengetahui apakah terdapat sikap positif atau negatif pada followers @waste4change terhadap postingan ?Bijak Kelola Sampah? . Teori yang dipakai penelitian ini ada dua yaitu teori S-O-R dan teori sikap. Sikap tersebut dapat dilihat dari tiga komponen yaitu kognitif, afektif, dan konasi. Model komunikasi David K. Belo dan paradigma positivism. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan survei berupa kuesioner yang disebar dengan cara melalui direct massage instagram kepada followers akun @waste4change. Metode pengumpulan data menggukan sampling non-probalitas dengan teknik accidental sampling dan responden berjumlah 100 orang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari keseluruhan variabel sikap followers terhadap postingan ?Bijak Kelola Sampah? dalam akun instagram @waste4change, dengan hasil persentase 44,0% cenderung positif (33%) pada kategori sikap netral cenderung positif, artinya followers tidak berpihak dan lebih cenderung setuju terhadap hal-hal yang di informasikan terkait bijak kelola sampah. Hasil uji normalitas diperoleh nilai signifikasi keseluruhan responden yang dihasilkan (Asymp.sig = 0,200) > nilai alpha (a = 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal.