Abstrak
Informasi bisa didapat dari mana saja termasuk di media sosial yang saat ini semua kalangan menggunakan media sosial khususnya instagram, informasi yang banyak di minati oleh khalayak di instagram yaitu kuliner, muncul akun instagram bernama @Jktfooddestination yang memberikan informasi mengenai kuliner daerah yang khas sampai kekinian dan informasinya juga terdapat letak atau alamat serta harga kuliner tersebut. Peneliti meneliti apa motif followers akun instagram @Jktfooddestination mengakses informasi kuliner. Penelitian ini menggunakan paradigma positivism. Teori yang digunakan adalah teori uses and gratifications Asumsi teori ini khalayak dianggap aktif artinya sebagian penting dari penggunaan media masa di asumsikan mempunyai tujuan. Khalayak yang mengakses instagram @Jktfooddestination media sosial pasti mempunyai dorongan atau motif. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif dan metode survey. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 100 followers akun instagram @Jktfooddestination. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif followers mengakses informasi kuliner tertinggi pada motif hiburan dengan skor 21.34974 berada kategori motif tinggi dengan presentase (67%). Followers mengakses akun instagram @Jktfooddestination dapat memenuhi kebutuhannya sebagai hiburan mengisi waktu luang dengan melihat postingan-postingan akun instagram @Jktfooddestination.