Abstrak
Skripsi ini mengkaji mengenai bagaimana kesetaraan gender pada iklan Kecap ABC Versi Suami Sejati Masak yang direpresentasikan mela\lui peran laki-laki dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana tanda-tanda yang merepresentasikan kesetaraan gender yang ada pada iklan tersebut, juga bagaimana tanda-tanda tersebut di interpretasikan. Penelitian ini mendeskripsikan tanda-tanda yang merepresentasikan kesetaraan gender dan bagaimana tanda-tanda tersebut di interpretasikan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan teori representasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan metode penelitian menggunakan semiotika model Charles Sanders Peirce. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan melakukan observasi, studi pustaka dan juga dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan terbukti adanya representasi kesetaraan gender melalui peran laki-laki dalam keluarga. Tanda yang merepresentasikan kesetaraan gender pada iklan tersebut ditampilkan melalui audio seperti dialog-dialog yang diucapkan dalam iklan, melalui visual seperti adegan-adegan yang ditampilkan, dan juga ditampilkan melalui properti yang digunakan pada iklan tersebut. Gambaran laki-laki yang melakukan peran reproduktif sosial di dalam rumah tangga merepresentasikan kesetaraan gender di dalam iklan tersebut. Selain itu, tidak adanya pembekuan peran antara laki-laki dan perempuan yang digambarkan pada iklan tersebut juga menjadi hal yang menunjukkan isu mengenai kesetaraan gender.