Abstrak
Penelitian ini membahasa mengenak Makna Logo Terbaru Gojek (Analisis Semiotika). Gojek merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010. Di dalam pemilihan judul ini penulis tahu benar bahwa logo merupakan bagian terpenting bagi suatu perusahaan, karena melalui logo khalayak dapat melihat citra dan identitas suatu perusahaan. Tampilan sebuah logo mengandung kata-kata komunikatif. Lewat bentuk-bentuk komunikasi itulah pesan tersebut menjadi bermakna. Disamping itu gabungan antara tanda dan pesan yang ada pada logo diharapkan mampu mempersuasi khalayak sasaran yang dituju. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tanda verbal dan visual. Berdasarkan ketertarikan penulis terhadap sebuah logo yaitu dengan fokus penelitian sebagai berikut : Makna apa saja yang terkandung di dalam logo Terbaru Gojek yang ada pada saat ini. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Teori yang digunakan adalah teori yang dikemukakan oleh Charles Sanders Pierce dalam proses pemaknaannya digunakan metode semiotika untuk melihat makna yang tersusun dalam logo Gojek. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan metode analisis semiotika. Objek dalam penelitian ini adalah logo terbaru Gojek. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Upaya yang dilakukan perusahaan untuk menempatkan posisi yang berbeda di dalam pasar, Memutuskan untuk mengganti logo merupakan suatu rencana yang perlu dilakukan dengan matang. Hal ini dikarenakan rebranding berkaitan dengan perubahan identitas perusahaan. Perubahan yang dilakukanbertujuan untuk menjadi lebih baik namun tidak meninggalkan tujuan awal, yaitu tetap berorientasi profit. Logo Gojek berperan sebagai media untuk megkomunikasikan citra perusahaan kepada masyarakat. ?Solv? menjadi logo yang dapat menjelaskan produk layanan Gojek dengan baik. Selain itu perubahan yang dilakukan Gojek melalui logo merupakan pemaknaan dari memperkuat identitas korporasi yang bekesinambungan dan terus menerus.