Abstrak
Program Cahaya Hati Indonesia merupakan program religi iNews yang tayang setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 12.00 hingga 13.30 WIB. Program religi ini mengangkat tema seputar permasalahan sehari-hari yang akan dibahas melalui kacamata Islam dalam Al-Quran dan Hadis oleh seorang narasumber dan guru besar. Dengan ketatnya persaingan dunia penyiaran sekarang ini, sebuah program acara dituntut untuk bisa menarik dan diminati masyarakat. Oleh karena itu, tim produksi melakukan strategi kreatif baik dalam pengelolaan konten dan kredibilitas sumber pada program acara Cahaya Hati Indonesia supaya bisa bertahan, dapat bersaing dengan program religi TV lain, dan lebih diminati oleh masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan teori hierarki pengaruh isi media dan teori kredibilitas sumber, peneliti berusaha memahami dan mengungkap bagaimana pengelolaan konten dan kredibilitas sumber pada program religi Cahaya Hati Indonesia iNews sebagai strategi kreatif tim produksi khususnya periode Oktober-November 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus. Paradigma dalam penelitian ini adalah konstruktivisme dan jenis pada penelitian ini adalah deskriptif. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara mendalam (in-depth interview), observasi nonpartisipan, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil dalam penelitian ini adalah menunjukkan bahwa dalam strategi kreatif tim produksi Cahaya Hati Indonesia dalam melakukan pengelolaan konten baik tema maupun subtema serta konten tanya jawab yang akan ditampilkan adalah dengan menentukan target penonton, melakukan interactive program, dan memperhatikan gimmick program. Sedangkan, dalam melakukan pengelolaan kredibilitas sumber baik keahlian atau kepercayaan narasumber, strategi kreatif yang dilakukan oleh tim produksi adalah melakukan teknik punching line serta memperhatikan bahasa naskah yang akan disampaikan oleh narasumber baik ustadz maupun ustadzah program religi Cahaya Hati Indonesia.