Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Marketing Public
Relations Bens Radio Dalam Mempertahankan Eksistensi Nilai Budaya Betawi.
Penelitian ini menggunakan Paradigma Konstruktivisme, Pendekatan Kualitatif
dengan Jenis Penelitian Deskriptif, dan Metode yang digunakan adalah Studi
Kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara
mendalam, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Marketing Public
Relations Bens Radio Dalam Mempertahankan Eksistensi Nilai Budaya Betawi
adalah dengan mengusung program siaran yang mengutamakan nilai-nilai budaya
Betawi dan juga Bens Radio mengemas bahasa Betawi kedalam suatu program
yang sangat menarik. Dalam siaran Bens Radio mengedepankan budaya Betawi
ini terdapat faktor-faktor yang ada di dalam internal yang mendukung kelancaran
menjalankan visi misi Bens Radio, seperti karya-karya Benyamin Sueb yang
dijadikan brand oleh Bens Radio, serta pemikiran beliau yang ingin terus menjaga
budaya Betawi melalui media Betawi.
Markrting Public Relations dalam Bens Radio sudah berperan aktif dalam
proses perencanaaan dan pengevaluasian suatu program siaran Bens Radio. Dan
menerapkan kegiatan yang ikut serta dalam perencanaan nya yaitu, publikasi,
identitas media, event, berita, pidato, berperan serta dalam aktivitas social dan
sponsor.
Corporate Identity Bens Radio sangat mencerminkan bahwa Bens Radio
adalah Radio Etnik Betawi dilihat dari Corporate Visual Identity,Corporate
Communication dan Public Relations (Special Events) yang ada dalam Bens
Radio.
Integrasi Informasi juga menjelaskan bahwa semua informasi memiliki
kekuatan potensial yang dapat mempengaruhi pendengar untuk dapat menilai isi
dari informasi yang di berikan.
Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat dan menambah
pengetahuan mahasiswa dalam penerapan dan kajian teori Marketing Public
Relations, serta dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya.