Abstrak
Skripsi ini mengkaji tentang bermain game online adalah suatu cara seseorang atau remaja sebagai bentuk interaksi dalam suatu lingkungannya dan memang menjadi suatu kebiasaan yang dijalani sebagai bentuk interaksi para pemain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan konsep diri remaja pemain PUBG dan dinamika konsep diri remaja pemain game online PUBG.
Penelitian ini mendeskripsikan proses pembentukan konsep diri remaja pemain game online PUBG dan bagaimana dinamika konsep diri remaja pemain game online PUBG. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan teori interaksionisme simbolik. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, dan metode penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian konsep diri melibatkan pengalaman pribadi bagi para pemain game online PUBG untuk memproses suatu konsep diri sendiri dari gambaran deskriptif tentang dirinya. Adapun penilaian terhadap diri mereka sendiri dan orang lain, orang lain dapat memberikan pengaruh atas perubahan yang terjadi pada seseorang melalui interaksi dengan individu atau kelompok lain.
Perubahan-perubahan yang dirasakan oleh para pemain tersebut terjadi dari dalam diri pemain mengenai gambaran diri dan penilaian seseorang terhadap dirinya. Pemain menggunakan game online PUBG karena sebagai bentuk interaksi mereka terhadap pemain lainnya maupun dengan lingkungannya.