Abstrak
Penggunaan internet saat ini sangatlah mudah mengakses apapun seperti iklan atau bisa dikatakan dengan promosi dengan adanya internet memiliki keunggulan dan juga kelemahan. Interaksi yang dilakukan oleh konsumen berupa pesan dari pengiklan yang memberikan informasi adanya promo. Terpaan iklan terjadinya respon kognitif atau pemikiran dalam hal membaca, melihat dan mendengar. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah followers instagram @Giladiskonn pada tanggal 07 Agustust 2020 berjumlah 1,3JT followers dan jumlah sampel 100 responden menggunakan rumus slovin melalui direct message instagram @Giladiskonn. Penggunaan teori dalam penelitian ini adalah Teori Behaviorisme, Teori S-R dan Teori Jarum Hipodermik. Tiga hal ini sangat berkaitan karna teori behavorisme merupakan induk dari S-R dan jarum hipodermik. Behaviorisme merupakan perilaku, S-R melalui panca indera (melihat, mendengar, membaca) sedangkan jarum hipodermik suntikan dari peran media massa, maka instagram dikatakan komunikasi massa karna alat penyebar informasi melalui media massa. Hasil penelitian yang dilakukan followers @Giladiskonn, peneliti memiliki 100 responden. Berdasarkan pada tabel distribusi frekuensi terpaan akun instagram @Giladiskonn dengan skor 56.99320 berada pada kategori sedang, dengan presentase 51%. Sedangkan variabel Y minat beli followers dengan skor 59.83324 berada pada kategori sedang minat beli mayoritas followers akun instagram @Giladiskonn tinggi (35%). Peneliti sebagai mahasiswi ilmu komunikasi dan berkonsentrasi di periklanan, mengharapkan dalam proses periklanan ke depan bisa lebih memanfaatkan media sosial untuk memasarkan sebuah brand atau produk. Dari Hasil penelitian berdasarkan hasil korelasi pada penelitian koefisien korelasi sebesar 0,741. Intepretasi dengan tabel Guilford berada pada kategori kuat. Nilai signifikasi sebesar 0,01 lebih kecil dari 0,5 signifikasi. Pengaruh terpaan akun instagram @Giladiskonn mempengaruhi minat beli followers.