Abstrak
Dengan masuknya budaya Korea ke Indonesia, banyak penggemar Korea di kalangan remaja yang tertarik untuk belajar bahasa Korea. Kini belajar bahasa Korea bisa lebih mudah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, masyarakat dapat mempelajari Bahasa Korea tanpa harus datang ke tempat kursus. Tersedia banyak situs gratis maupun kursus daring yang dapat diakses, dan saat ini kursus daring sudah merambah ke dunia media sosial. Salah satu akun Instagram yang menyediakan kursus bahasa Korea adalah @halokoreaaclass. Paradigma penelitian ini adalah konstruktivis. Pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori computer mediated communication. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara semi struktur, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Dalam menyelenggarakan kursus Bahasa Korea secara daring, @halokoreaaclass melakukan strategi kreatif dengan memanfaatkan media sosial Instagram, yaitu mengadakan survei untuk melihat minat masyarakat belajar Bahasa Korea, persiapan pembelajaran, pematangan rencana agar pembelajaran efektif, membuat konten-konten yang memuat materi di Instagram dengan menggunakan beberapa adegan dari K-Drama maupun K-Pop agar lebih mudah dipahami, mengadakan kuis. Secara akademik bisa menjadi acuan untuk dapat menggunakan teori komunikasi yang lainnya, secara metodologis mampu mengetahui tingkat dari kepuasan audiens, secara sosial menyadarkan masyarakat untuk lebih produktif lagi dalam menggunakan Instagram, dan secara praktis @halokoreaaclass dapat meningkatkan penggunaan inovasi dalam menyajikan materi Bahasa Korea.