Abstrak
Prioritas utama dalam pembangunan kesehatan di Indonesia salah satunya
adalah kesehatan ibu dan anak dengan program pelayanan antenatal. Pelayanan
antenatal merupakan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan
yang profesional untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu hamil serta janin yang
dikandungnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran mutu pelayanan
antenatal di Puskesmas Kebon Jeruk..
Penelitian ini menggunakan pendekatan mix methode, yaitu data kualitatif
yang didukung data kuantitatif . Informan pada penelitian ini berjumlah 4 orang
terdiri dari 2 bidan, 1 Kepala Puskesmas, dan 1 Kepala Satuan Pelaksana UKP.
Sampel penelitian ini adalah 51 orang ibu hamil yang mengakses pelayanan
antenatal di Puskesmas Kebon Jeruk.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bidan, sarana dan prasarana serta
peralatan sudah memenuhi standar pelayanan antenatal. Proses pelayanan
antenatal di Puskesmas Kebon Jeruk belum memenuhi standar karena bidan tidak
melakukan pengukuran suhu tubuh pada ibu hamil trimester pertama, kedua, dan
ketiga. Kelengkapan pemberian materi KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi)
tidak sepenuhnya diberikan. Kepuasan ibu hamil pada trimester pertama 6
responden (25%) merasa puas, trimester kedua 5 responden (25%) merasa puas,
dan trimester ketiga 3 responden (43%) merasa puas. Kualitas pelayanan antenatal
masih belum memenuhi standar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi
masukan bagi Puskesmas dalam meningkatkan kualitas pelayanan antenatal.