Abstrak
Pedoman Gizi Seimbang terdiri dari 4 (empat) Pilar bertujuan untuk
menyediakan pedoman makan dan berperilaku sehat bagi seluruh lapisan
masyarakat berdasarkan prinsip konsumsi anekaragam pangan, aktivitas fisik,
perilaku hidup bersih dan mempertahankan berat badan normal untuk mencegah
masalah gizi. Pada dasarnya merupakan rangkaian upaya untuk menyeimbangkan
antara zat gizi yang keluar dan zat gizi yang masuk dengan memonitor berat
badan secara teratur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa saja
yang menjadi determinan pelaksanaan empat pilar gizi seimbang pada siswa di
SMA Negeri 74 Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan april 2017 di SMA
Negeri 74 Jakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional.
Teknik sampling yang digunakan adalah stratifikasi random sampling dengan
total sampel 97 responden dan pengambilan data dilakukan dengan pengisian
kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat, analisis bivariat
(chi square) dan analisis multivariat ( regresi logistik ganda). Hasil penelitian
menunjukkan sebayak 53,6% responden memiliki pelaksanaan empat pilar gizi
seimbang yang baik, 57,7% memiliki pengetahuan yang tinggi, 66% memiliki
sikap yang baik, 54,6% memiliki peran orang tua yang berperan dan 51,5%
memiliki pengaruh teman sebaya yang baik. Selain itu, ada hubungan bermakna
antara pelaksanaan empat pilar gizi seimbang dengan pengetahuan (Pvalue 0,040),
peran orang tua (Pvalue 0,007) dan pengaruh teman sebaya (Pvalue 0,000). Hasil
multivariat menunjukkan bahwa variabel pengetahuan, peran orang tua, pengaruh
teman sebaya, pengetahuan dengan peran orang tua dan pengetahuan dengan
pengaruh teman sebaya, variabel yang paling besar pengaruhnya dengan
pelaksanaan empat pilar gizi seimbang adalah variabel pengaruh teman sebaya
(PR 1389,679). Penelitian ini menyimpulkan agar pihak sekolah dan pihak siswa
dapat bekerja sama dalam menerapkan beberapa program yang mendukung siswa
untuk hidup lebih sehat dan memiliki status gizi seimbang seperti pemberian
edukasi tentang dasar-dasar ilmu gizi yang diberikan kepada seluruh siswa
melalui kegiatan-kegiatan antar siswa, sehingga siswa dapat lebih memahami dan
melaksanakan empat pilar gizi seimbang.