Abstrak
Waktu tunggu menjadi pertimbangan penting bagi masyarakat modern
yang mobilitasnya semakin meningkat. Semakin singkat waktu tunggu yang
didapatkan pasien, maka akan terbentuk sikap positif pasien terhadap pelayanan
kesehatan bahkan cenderung akan menjadi pasien yang loyal. Tujuan diadakannya
penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan waktu
tunggu pasien rawat jalan di Poli Umum Puskesmas Tugu Kecamatan Cimanggis
Kota Depok 2017. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli - Agustus 2017 di
Puskesmas Tugu Kecamatan Cimanggis Kota Depok. Disain penelitian yang
digunakan adalah Cross Sectional. Pengambilan populasi sampel secara purposive
dan sampel yang terpenuhi sebanyak 120 pasien. Hasil analisis univariat
penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden menyatakan tidak
sesuai standar atau ≥ 60 menit (65%), dokter terlambat atau ≥ pukul 07.30
(70,9%), jumlah dokter 1-2 orang (75%), jumlah pasien perhari atau ≥ 70 pasien
(54%), status pasien lama (66,7%), pasien membayarkan dengan cara asuransi
(73,7%). Hasil analisis bivariat chi square menunjukkan dari 5 variabel, 3
diantaranya memiliki hubungan dengan waktu tunggu pasien rawat jalan poli
umum yaitu keterlambatan dokter (nilai p 0,038), jumlah dokter (nilai p 0,038),
dan jumlah pasien perhari (nilai p 0,020). Saran untuk pihak Puskesmas agar
mengurangi waktu tunggu karena keterlambatan dokter, menambah fasilitas
tempat duduk untuk pasien yang menunggu, menambah jumlah dokter, serta
alternatif untuk pasien bisa diberikan penyuluhan kesehatan sehingga selain
pasien mendapatkan ilmu tentang kesehatan, pasien juga tidak akan begitu
merasakan waktu tunggunya.