Abstrak
Administrasi rumah sakit adalah suatu proses kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan , pengkoordinasian dan penilaian terhadap sumber, tatacara, dan kesanggupan yang tersedia untuk memenuhituntutan terhadap kesehatan, perawatan serta lingkungan yang sehat dengan jalan menyediakan dan menyelenggarakan berbagai upaya kesehatan yang ditujukan kepada perseorangan, keluarga, kelompok atau masyarakat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bersifat kualitatif menggunakan data sekunder dan data primer. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara mendalam dengan informan yang terlibat langsung dalam pelaksanaan sistem pelayanan administrasi BPJS rawat inap kelas III seperti Kepala Admission, Wakil Kepala Admission, Staff Admission, Petugas SEP rawat inap, Kepala Keperawatan kelas III, Perawat kelas III dan Pasien/Keluarga pasien BPJS kelas III. Kegiatan ini dilakukan dari bulan Januari 2018 sampai dengan Februari 2018. Dari hasil penelitian diperoleh data mengenai hal-hal yang berperan dalam kegiatan sistem pelayanan administrasi BPJS rawat inap kelas III seperti yang ada di proses yaitu SDM, SOP, Sarana Prasarana, Penerimaan, Verifikasi, Keperawatan, sampai dengan Pasien Pulang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah petugas pasien BPJS yang ada di RSUP Persahabatan yang terlibat masih dirasa kurang. Sistem aplikasi atau jaringan di admission sering terjadi error atau nge-hang. Saran yang dapat disampaikan adalah adanya penambahan SDM di admission dan penambahan komputer di admission.