Abstrak
Umi Fateka, Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam di Kelas X di SMK Al Wahyu Cibubur). Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Al Wahyu Cibubur. Penelitian ini merupakan penelitian kuatitatif. Jenis penelitian ini menggunakan metode ekperimen. Sampel penelitian berjumlah 33 siswa pada kelas X MM untuk kelas eksperimen, dan juga berjumlah 33 siswa X AP pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode inkuiri yang diterapkan pada kelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan metode inkuiri. Hal ini terbukti dari deskripsi data pretest, ketika belum diterapkannya metode inkuiri dikelas eksperimen mendapatkan hasil mean kelas x=47,2 dan kelas kontrol x=48,3. Namun setelah diberikan perlakuan x posttest kelas eksperimen mencapai x=75,3 dan kelas kontrol x=70,5. Sedangkan hasil analisis data menggunakan statistic uji-t diperoleh thitung = 5,39 dan ttabel = 0,05 (1,69). Sehingga thitung (5,39 > 1,69). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran menggunakan metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa di SMK Al- Wahyu cibubur.