Abstrak
Umi Fateka, Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pendidikan
Agama Islam di Kelas X di SMK Al Wahyu Cibubur). Skripsi, Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah
Prof. Dr. Hamka.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Al Wahyu Cibubur. Penelitian ini
merupakan penelitian kuatitatif. Jenis penelitian ini menggunakan metode
ekperimen. Sampel penelitian berjumlah 33 siswa pada kelas X MM untuk kelas
eksperimen, dan juga berjumlah 33 siswa X AP pada kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode inkuiri yang diterapkan pada
kelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada
pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil
belajar siswa yang diajar dengan metode inkuiri. Hal ini terbukti dari deskripsi
data pretest, ketika belum diterapkannya metode inkuiri dikelas eksperimen
mendapatkan hasil mean kelas x=47,2 dan kelas kontrol x=48,3. Namun setelah
diberikan perlakuan x posttest kelas eksperimen mencapai x=75,3 dan kelas
kontrol x=70,5. Sedangkan hasil analisis data menggunakan statistic uji-t
diperoleh thitung = 5,39 dan ttabel = 0,05 (1,69). Sehingga thitung (5,39 > 1,69).
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada
pembelajaran menggunakan metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa di SMK
Al- Wahyu cibubur.