Abstrak
Tanjung Surya Wirana, Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment
yang Diberlakukan Pihak Sekolah Terhadap Prestasi Belajar pada Mata
Pelajaran PAI (di SD Muhammadiyah 5 Jakarta). Skripsi, Program Studi
Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah
Prof. DR. HAMKA.
Salah satu kebutuhan yang dimiliki siswa adalah kebutuhan penghargaan
yang terdapat dalam kebutuhan intelektual (berprestasi). Kegiatan yang dapat
dilakukan oleh guru untuk memenuhi kebutuhan penghargaan dalam
pembelajaran yaitu dengan cara memberikan reward dan punishment. Pemberian
reward dan punishment dalam pembelajaran memiliki implikasi yaitu siswa
diakui sebagai individu unik yang memiliki kemampuan tertentu dan karakteristik
yang dapat dihargai.
Penelitian ini menggunakan metode kuantatif, untuk mengetahui berapa
persentase pengaruh Reward dan Punishment pada mata pelajaran PAI terhadap
Prestasi Belajar siswa. Populasi yang digunakan yaitu kelas V di SD
Muhammadiyah 5 Jakarta. Pengambilan data menggunakan metode sampling
jenuh karena dengan itu diharapkan dapat mewakili populasi yang ada.
Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian kali ini
menggunakan kuesioner dengan model Skala Likert. Kuesioner diberikan kepada
sampel yang berjumlah 95 orang. Untuk pengujian data, penulis menggunakan uji
regresi linear sederhana. Sedangkan dalam mengolah data, penulis menggunakan
alat bantu statistik yaitu SPSS versi 22.0 dengan cara Analyze ? Regression ?
Linear.
Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh reward dan punishment
pada mata pelajaran PAI terhadap prestasi belajar siswa dengan tingkat persentase
14 % sedangkan 86 % dijelaskan oleh sebab-sebab lain di luar reward dan
punishment pada mata pelajaran PAI. Untuk persamaan regresi linear terjadi
hubungan positif antara dua variabel di mana semakin baik isi dari reward dan
punishment pada mata pelajaran PAI maka semakin meningkatkan prestasi belajar
siswa.