Abstrak
Mita Chandra, Evaluasi Terhadap Implementasi Program Digital
Classroom (Media Pembelajaran E-book) Di SD Muhammadiyah 5 Jakarta.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan evaluasi terhadap
implementasi program digital classroom (media pembelajaran e-book) dengan
menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product): studi kualitatif
pada SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Metode yang digunakan adalah riset evaluasi
yaitu suatu metode yang menggunakan angka-angka, keterangan tertulis,
informasi lisan dan beragam fakta untuk mendapatkan data yang berhubungan
dengan masalah evaluasi terhadap implementasi program digital classroom
(media pembelajaran e-book).Pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi,
wawancara, observasi.Wawancara dilakukan kepada peserta didik, guru, wali
murid.Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa konteks dalam dalam implementasi
program digital classroom (media pembelajaran e-book) di SD Muhammadiyah 5
sudah jelas visi, misi, dan tujuannya. Input dalam implementasi program digital
classroom (media pembelajaran e-book) masih kurang kontrol dengan baik, hal ini
terlihat dari input guru yang masih banyak bekerja tidak sesuai dengan profesinya,
dan input wali peserta didik yang terdapat kontra dalam implementasi program
digital classroom (media pembelajaran e-book). Proses implementasi program
digital classroom (media pembelajaran e-book) masih belum efektif, dilihat dari
proses KBM nya masih banyak kendala yang didapatkan seperti, koneksi jaringan
wifi yang lemah, masih banyak peserta didik yang belum bisa menulis di Ipad, dan
masih ada peserta didik belum memilikidevice sehingga peserta didik masih
menggunakan buku cetak.Produk implementasi program digital classroom (media
pembelajaran e-book) sudah ada baiknya dalam bidang akademik, namun belum
ada produk yang dihasilkan dalam bidang non akademiknya.Diharapkan bagi
sekolah untuk melengkapi fasilitas peserta didik dalam pengimplementasian
program digital classroom (media pembelajaran e-book)guru untuk
memperhatikan dalam proses KBM agar dapat maksimal.