Abstrak
Ilmeliya Wijaya, Implementasi Misi Sekolah Muhammadiyah Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Kasus Di SMP Muhammadiyah 35 Jakarta)?. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebagaimana peran sekolah dalam mengimplementasikan misi pendidkan Muhammadiyah dalam membentuk karakter siswa, studi kulalitatif di SMP Muhammadiyah 35 Jakarta. Metode yang digunakan adalah kualitatif penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh objek penelitian misalnya: perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain, secara holistik. Pengumpulan data menggunakan studi wawancara kepada kepala sekolah dan guru, dokumentasi, observasi, dan angket yang ditujukan kepada siswa. Berdasarkan penelitian ini, peran sekolah Muhammadiyah dalam implementasi tujuan pendidikan dalam membentuk karakter sangat penting, pasalnya program-program yang dilaksanakan oleh sekolah sangat bermanfaat bagi siswa, mulai dari kegiatan rutian, kegiatan spontan juga dalam pembelajaran. Kepada seluruh siswa diharapkan mengikuti segala program yang dilaksanakan oleh pihak sekolah, sehingga diharapkan siswa dapat menjadi insan yang berkarakter bermartabat sesuai dengan visi dan misi sekolah. Input guru, Kepada para guru lebih ditingkatkan kembali keteladanan kepada siswa serta motivasi dalam belajara, Input wali murid, lebih peduli kepada anak mulai dari pergaulanya juga dalam prestasi belajrnya, Diharapkan bagi pihak sekolah terus mengevaluasi programprogram pembentukan karakter di sekolah serta lebih meningkatkan lagi pengawsan kepada warga sekolah terutama kepada siswa.