Abstrak
Ilmeliya Wijaya, Implementasi Misi Sekolah Muhammadiyah Dalam
Membentuk Karakter Siswa (Studi Kasus Di SMP Muhammadiyah 35 Jakarta)?.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebagaimana peran sekolah
dalam mengimplementasikan misi pendidkan Muhammadiyah dalam membentuk
karakter siswa, studi kulalitatif di SMP Muhammadiyah 35 Jakarta. Metode yang
digunakan adalah kualitatif penelitian yang bermaksud untuk memahami
fenomena tentang apa yang dialami oleh objek penelitian misalnya: perilaku,
persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain, secara holistik. Pengumpulan data
menggunakan studi wawancara kepada kepala sekolah dan guru, dokumentasi,
observasi, dan angket yang ditujukan kepada siswa. Berdasarkan penelitian ini,
peran sekolah Muhammadiyah dalam implementasi tujuan pendidikan dalam
membentuk karakter sangat penting, pasalnya program-program yang
dilaksanakan oleh sekolah sangat bermanfaat bagi siswa, mulai dari kegiatan
rutian, kegiatan spontan juga dalam pembelajaran. Kepada seluruh siswa
diharapkan mengikuti segala program yang dilaksanakan oleh pihak sekolah,
sehingga diharapkan siswa dapat menjadi insan yang berkarakter bermartabat
sesuai dengan visi dan misi sekolah. Input guru, Kepada para guru lebih
ditingkatkan kembali keteladanan kepada siswa serta motivasi dalam belajara,
Input wali murid, lebih peduli kepada anak mulai dari pergaulanya juga dalam
prestasi belajrnya, Diharapkan bagi pihak sekolah terus mengevaluasi programprogram
pembentukan karakter di sekolah serta lebih meningkatkan lagi
pengawsan kepada warga sekolah terutama kepada siswa.