Abstrak
Ikram Faran Asydin, Hubungan minat dengan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Kholidin Jakarta. Skripsi, Program
Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah
Prof. DR. HAMKA.
Secara teori minat belajar merupakan kecenderungan untuk selalu
memperhatikan dan mengingat sesuatu secara terus menerus. Sedangkan hasil belajar
adalah hasil nilai siswa yang telah dicapai dalam proses pembelajaran yaitu nilai hasil
belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam proses
pembelajaran, minat belajar sangat diperlukan untuk pencapaian belajar siswa.
Namun minat bukan satu-satunya faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar
siswa menjadi rendah ataupun tinggi. Dan berdasarkan hasil penelitian diketahui
bahwa nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,049 dengan arah hubungan positif.
Berdasarkan kekuatan hubungan korelasi, nilai r tersebut masuk pada interval 0 < KK
< 0,20 dengan kekuatan sangat rendah atau lemah sekali. Nilai signifikansi pada tabel
di atas sebesar 0,798. Hasil tersebut menunjukan bahwa Ho ditolak, dibuktikan
dengan nilai koefisiensi korelasi lebih kecil dari r tabel yaitu 0,049 < 0,361 dan nilai
signifikansi lebih besar dari nilai signifikansi yang telah ditetapkan yaitu 0,798 >
0,05. Jadi, disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara variabel minat belajar
(X) dengan hasil belajar siswa (Y), sehingga dapat dikatakan bahwa hasil belajar
siswa pada mata pelajaran PAI yang optimal tidak hanya ditentukan oleh minat
belajar saja akan tetapi dapat dipengaruhi faktor lain.