Abstrak
Feishol Ias Aviandi, Teori Pembelajaran Menurut al-Ghazali dan Edwin Ray
Guthrie (Studi Komparasi). Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Pembelajaran yang baik dan efektif dapat mengembangkan potensi peserta
didik untuk selanjutnya dapat diterapkan di kehidupan yang sebenarnya. Teori
pembelajaran menjadi penting saat proses pembelajaran di kelas tidak membuahkan
hasil yang diinginkan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) bagaimanakah
teori pembelajaran menurut al-Ghazali, (2) bagaimanakah teori pembelajaran menurut
Edwin Ray Guthrie, (3) bagaimanakah persamaan dan perbedaan teori pembelajaran
menurut al-Ghazali dan Edwin Ray Guthrie. Adapun tujuan peneliatan ini yakni (1)
agar dapat mengetahui teori pembelajaran menurut al-Ghazali (2) agar dapat
mengetahui teori pembelajaran menurut Edwin Ray Guthrie (3) agar dapat
mengetahui perbandingan persamaan dan perbedaan pemikiran al-Ghazali dan Edwin
Ray Guthrie tentang teori pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kualitatif, pengumpulan data menggunakan (Library Research), dengan mencari,
mengumpulkan, membaca, menyusun, serta menganalisis buku-buku yang sesuai
dengan judul skripsi ?Teori Pembelajaran Menurut al-Ghazali dan Edwin Ray
Guthrie?. Dengan demikian, pembahasan dalam skripsi ini dilakukan berdasarkan
telaah pustaka serta beberapa tulisan yang terdapat relevansi dengan objek kajian
yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian skripsi ini adalah: Hasil penelitian ini
menunjukkan, adanya beberapa persamaan dan perbedaan antara pemikiran al-
Ghazali dan Edwin Ray Guthrie tentang teori pembelajaran. Adapun persamaan dapat
dilihat dari pandangan mereka tentang proses pembelajaran dan tujuan pembelajaran,
adapun hasil analisis mengenai perbedaan pandangan mereka ada pada sistem,
metode pembelajaran dan tujuan pendidikan.