Abstrak
Kepuasan pasien adalah indikator pertama dari standar suatu rumah sakit
dan merupakan suatu ukuran mutu pelayanan. Tujuan penelitian ini bertujuan
untuk memperoleh informasi tingkat kepuasan pasien rawat inap ruang Teratai
dan ruang GPS (Gedung Profesor Dr. Suwarto) kelas perawatan III terhadap
penampilan makanan, citarasa, dan penyajian makanan biasa di RSUP Fatmawati
Jakarta Selatan.
Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan desain cross
sectional. Analisis univariat untuk mengetahui gambaran karakteristik responden,
penilaian penampilan makanan, penilaian citarasa makanan, penilaian penyajian
makanan, dan penilaian kepuasan pasien. Analisis bivariat untuk menganalisis
hubungan penampilan makanan dengan tingkat kepuasan pasien, hubungan
citarasa makanan dengan tingkat kepuasan pasien, dan hubungan penyajian
makanan dengan tingkat kepuasan pasien.
Dari hasil penelitian, penampilan makanan diperoleh 75 responden (60%)
menyatakan baik. Citarasa makanan diperoleh 74 responden (59%) menyatakan
baik. Penyajian makanan diperoleh 71 responden (56%) menyatakan baik.
Analisis uji chi-square diperoleh adanya hubungan yang bermakna antara
hubungan penampilan makanan dengan tingkat kepuasan pasien, hubungan
citarasa makanan dengan tingkat kepuasan pasien, dan hubungan penyajian
makanan dengan tingkat kepuasan pasien.
Disarankan kepada institusi agar dapat mempertahankan dan
meningkatkan kualitas program pelayanan gizi.