Abstrak
Muhammad Alfi,?Pengaruh Metode Al Barqy terhadap Kemampuan
Membaca Al-Qur?an di SMK Muhammadiyah 9 Jakarta?. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah
Prof. DR. HAMKA.
Sebagai seorang muslim kita diwajibkan bisa membaca Al-Qur?an, dan
membaca Al-Qur?an yang baik adalah secara perlahan (tartil). Untuk bisa
membaca Al-Qur?an diperlukan pengajaran dengan menggunakan metode yang
tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
membaca Al-Qur?an siswa kelas X SMK Muhammadiyah 9 Jakarta yang
mengikuti pembelajaran membaca Al-Qur?an dengan menggunakan metode al
Barqy tahun ajaran 2016/2017. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode
kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan
adalah mendeskripsikan dari hasil analisis regresi linear sederhana. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa metode al Barqy berpengaruh terhadap
kemampuan membaca Al-Qur?an siswa secara tartil. Hal ini dapat dilihat dari
tingkat presentase pengaruh metode al Barqy terhadap kemampuan membaca Al-
Qur?an secara tartil adalah 95,4% dan 4,6% kemampuan membaca Al-Qur?an
secara tartil dipengaruhi faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup kuat antara metode al Barqy
terhadap kemampuan membaca Al-Qur?an secara tartil.