Abstrak
Mohammad Hasan Efendi, Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Sebagai filosof muslim, pemikiran Ibnu Khaldun sangatlah rasional dan
banyak berpegang pada logika. Hal ini sangat dimungkinkan sebab semasa
mudanya, Ibnu Khaldun pernah belajar filsafat dengan mendalam. Sementara
pandangan Ibnu Khaldun Mengenai Pendidikan Islam berpijak pada pendekatan
filosofis-empiris
Dari hasil penelitian ini terungkap pemikiran pendidikan Islam menurut
Ibnu Khaldun dapat di simpulkan yakni meliputi manusia didik, ilmu,
pengetahuan, metode pengajaran dan spesialisasi. pemikiran krakter menurut Ibnu
Khaldun setiap karakter harus diiringi dengan nilai agama, sehingga peserta didik
dapat memahami akhlak yang baik dan buruk dari pengajaran guru pendidikan
agama Islam. Metode pendidikan Islam menurut Ibnu Khaldun ada enam poin
yaitu: metode hafalan, metode dialog, metode widya wisata, metode keteladanan,
metode pengulangan, metode belajar Al-Quran.