Abstrak
Mahyardiani, Implementasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Wanita Menurut
Perspektif Buya Hamka dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah
Menengah Atas. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas
Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.
Kepemimpinan wanita masih menjadi pro kontra pada saat ini. Persoalan
derajat serta kedudukan antara laki-laki dan perempuan masih sering
diperdebatkan dalam persoalan sosial. Namun, Buya Hamka memahami bahwa
Islam memberikan kedudukan dan jaminan yang sama antara laki-laki dan
perempuan. Mereka sama-sama memiliki tugas dan kewajiban. Tidak ada satupun
ayat dalam Al-Qur?an yang mrnyatakan pelarangan wanita untuk menjadi
pemimpin. Banyak nilai-nilai yang terkandung dalam kepemimpinan. Dengan
adanya penelitian ini, diharapkan nilai-nilai tersebut dapat diimplementasikan
kepada manusia khususnya peserta didik yang tertera dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana
perspektif Buya Hamka terhadap kepemimpinan wanita? (2) bagaimana perspektif
Buya Hamka terhadap nilai-nilai yang terdapat pada kepemimpinan wanita? (3)
Apakah nilai-nilai kepemimpinan wanita diimplementasikan dalam pembelajaran
pendidikan agama islam sekolah menengah atas? Penelitian ini menggunakan
jenis penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode dokumenter,
yaitu mencari atau mengumpulkan data, membaca, menyusun, serta menganalisis
buku-buku mengenai hal-hal penelitian yang berupa catatan, transkip, buku, surat
kabar, majalah, jurnal dan lain sebagainya yang sesuai dengan judul skripsi
Implementasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Wanita Menurut Perspektif Buya Hamka
dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas. Dengan
demikian, pembahasan dalam skripsi ini dilakukan berdasarkan telaah pustaka
serta beberapa tulisan yang terdapat relevansi dengan objek kajian yang diteliti.
Berdasarkan hasil penelitian skripsi ini adalah : Hasil penelitian ini menunjukkan,
kepemimpinan menurut Buya Hamka, nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
serta adakah nilai-nilai kepemimpinan wanita yang diimplementasikan dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam sekolah menengah atas.