Abstrak
Izmi Novrita, Proses Pembelajaran Sholat Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
(Etnografi di SLB-B Sana Dharma). Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama
Islam. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Penelitian ini berbicara mengenai Proses Pembelajaran Sholat Bagi Anak
Berkebutuhan Khusus (Etnografi di SLB-B Sana Dharma), tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahaui Proses Pembelajaran Sholat Bagi Anak
Berkebutuhan Khusus (Etnografi di SLB-B Sana Dharma). Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Karena
penelitian ini merupakan penelitian yang fokus pada Proses Pembelajaran Sholat
Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Etnografi di SLB-B Sana Dharma).
Proses pembelajaran sholat bagi anak berkebutuhan khusus di SLB B Sana
Dharma merupakan proses pembelajaran sholat dimana anak berkebutuhan khusus
belajar sholat dengan baik dan benar. Dalam prosesnya ada dua orang guru di
dalam kelas, dimana satu adalah guru Pendidikan Agama Islam dan yang satunya
merupakan shadow teacher yang bertugas mendidik Anak Berkebutuhan Khusus
di dalam kelas. Dimana materi pembelajaran pun yang diberikan untuk Anak
Berkebutuhan Khusus sama dengan anak yang normal, hanya saja materi untuk
anak berkebutuhan khusus lebih ringan, dan lebih di sederhanakan dalam setiap
proses belajar mengajar.