Abstrak
Arinil Haq, Konsistensi Praktek Religiusitas Alumni Pondok Pesantren (Studi Kasus Alumni Pondok Pesantren Jam?iyyah Islamiyyah). Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Latar belakang penelitian ini adalah dengan melihat begitu banyak fakta yang terjadi bahwa pelajaran keagamaan yang didapatkan khususnya tentang peribadatan selama di pondok pesantren tidak diaplikasikan kembali ketika sudah menjadi alumni. Persoalannya disini adalah seberapa besar para alumni santri mampu menjaga apa yang sudah didapatkannya selama di pondok pesantren ketika sudah tidak lagi menjadi santri pondok pesantren. Penelitian ini berupaya mengungkap tentang bentuk-bentuk kegiatan keagamaan apa yang didapatkan selama di pondok pesantren Jam?iyyah Islamiyyah, dan apakah dapat dijaga kekonsistenannya setelah santri telah tamat dari pondok pesantren. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kegiatan keagamaan yang meliputi sholat wajib, sholat dhuha, sholat tahajud, puasa senin dan kamis, membaca Al-Qur?an, membaca doa harian dan zikir yang dimana bentuk kegiatan keagamaan tersebut dapat tercerminkan kedalam dimensi religiusitas yaitu pertama dimensi praktik agama, kedua dimensi pengamalan, ketiga dimensi pengalaman dan keempat dimensi konsekuensi agama. Masing-masingnya memiliki tingkat kekonsistenan yang berbeda bagi setiap alumni santri, dan yang paling rendah tingkat konsistensinya adalah dalam dimensi praktik agama.