Abstrak
Ahmad Syarif, Perbandingan Pendidikan Karakter Menurut Zakiyah Daradjat dengan Thomas Lickona. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Pendidikan ialah serangkaian kegiatan komunikasi atau bimbingan terhadap pribadi seseorang yang diajarkan oleh orang tua ataupun guru. Karakter adalah sesuatu yang sangat penting dan vital bagi tercapainya tujuan hidup, karakter merupakan dorongan pilihan untuk menentukan yang terbaik dalam hidup. Pendidikan karakter adalah proses pemberian tuntunan kepada peserta didik untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati, pikir, raga, serta rasa dan karsa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana pendidikan karakter menurut Zakiyah Daradjat, (2) bagaimana pendidikan karakter menurut Thomas Lickona, (3) apa persamaan dan perbedaan pendidikan karakter menurut Zakiyah Daradjat dan Thomas Lickona. Adapun tujuan peneliatan ini yakni (1) untuk mengetahui pendidikan karakter menurut Zakiyah Daradjat (2) untuk mengetahui pendidikan karakter menurut Thomas Lickona (3) untuk mengetahui perbandingan antara Zakiyah Daradjat dan Thomas Lickona. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan (Studi Kepustakaan) Library Research, dengan mencari, mengumpulkan, membaca, menyusun, serta menganalisis buku-buku yang sesuai dengan judul skripsi ?Perbandingan Pendidikan Karakter Menurut Zakiyah Daradjat Dengan Thomas Lickona?. Dengan demikian, pembahasan dalam skripsi ini dilakukan berdasarkan telaah pustaka serta beberapa tulisan yang terdapat relevansi dengan objek kajian yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian skripsi ini adalah: 1) Perbandingan pendidikan karakter menurut Zakiyah Daradjat dengan Thomas Lickona berkaitan dengan beberapa faktor sebagai berikut: pengertian pendidikan, pengertian karaker, pengertian pendidikan karakter. 2) Adapun persamaan dari definisi pendidikan karakter menurut Zakiyah Daradjat dan Thomas Lickona, ialah merupakan suatu tabiat yang melekat pada diri manusia yang mana pembinaan itu harus melalui jalur kehidupan sosial dan kebiasaan sehari-hari. perbedaan penerapan pendidikan karakter menurut Zakiyah Daradjat ialah dimulai dari keluarga sebagai pondasi pertama dalam penanaman nilai akhlak, sekolah sebagai kelanjutan pendidikan karakter dalam bersosial. Sedangkan menurut Thomas Lickona ialah usaha secara sengaja dari seluruh dimensi sosial untuk untuk membantu pembentukan karakter secara optimal.