Abstrak
The Villas Kelapa Gading Square ialah hunian perumahan di atas Mall of
Indonesia denga konsep One Stop Living yang memudahkan penghuni dalam segala
aspek di dalam satu lingkungan, seperti berbelanja, sekolah, rumah sakit, akses
jalan strategis, berolah raga dan fasilitas pendukung lainnya. Salah satu fasilitas
olahraga seperti Fitness center, kolam renang, lapangan basket dan tenis didalam
club house area. Rumusan masalah penelitian ini, adalah ?Bagaimana Kualitas
Layanan Fasilitas Olahraga di The Villas Kelapa Gading Square, Jakarta Utara ??
Paradigma penelitian adalah positivism dengan teori yang digunakan
dalam penelitian adalah Teori Pelayanan Prima dengan konsep Sepuluh Faktor
Penentu Kualitas Layanan Jasa menurut Zeithaml, Berry, dan Parasuraman (1985:
41-50).
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis
penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei. Populasi penelitian
adalah penghuni perumahan The Villas, pengguna fasilitas olahraga di The Villas.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data penelitian ini
melakukan uji validitas dan reliabilitas serta menganalisi data menggunakan
statistik deskriptif.
Hasil penelitian didapat dari skor ditribusi frekuensi pada Fitness center di
kategori tinggi kisaran 70,58-91,72 dengan skor item 3838 dan hasil jawaban netral
cenderung buruk. Artinya petugas pelayanan harus melakukan perbaikan dalam
pelayanan oleh petugas pelayanan fasilitas. Sementara distribusi frekuensi club
house pada kategori tinggi yaitu 66,46-76,23 dengan skor item 4034 dan hasil
jawaban terbanyak baik cenderung netral yang artinya pelayanan di club house
sudah baik.