Abstrak
Choirul Imam Wahid,?Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa (Studi Kasus kelas XI SMA Fatahillah, Tangerang)?. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Guru merupakan sosok idola bagi anak didik keberadaanya sebagai jantung pendidikan tidak bisa dipungkiri. Baik atau buruknya pendidikan tergantung pada gurunya. Adapun fungsi guru yaitu tidak hanya sebagai pendidik, tetapi juga sebagai motivator untuk memberikan motivasi agar peserta didik memiliki karakter disiplin yang baik. Saat ini banyak terjadi peristiwa-peristiwa yang ditunjukkan oleh pelajar-pelajar Indonesia, seperti terlambat sekolah, membolos pada jam pelajaran, tidak mengerjakan PR, dan lain-lain. Mereka beranggapan bahwa mentaati peraturan merupakan tindakan yang menyiksa diri. Disiplin dalam pandangan orang yang berfikir negative dipandang sebagai kamar jeruji besi yang mengurung manusia sehingga tidak bisa lari kemana-mana. Adapun jenis penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Yang berlokasi di SMA Fatahillah Tangerang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Upaya guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam meningkatkan karakakter disiplin siswa: menanamkan akhlaq mulia, guru Pendidikan Agama Islam sebagai suri tauladan, membimbing dan menilai tingkah laku anak didik sehari-hari di sekolah, mengambil tindakan terhadap siswa bila dianggap perlu, memberikan peringatan lisan, peringatan secara khusus yang terkait dengan BP, Kepala sekolah dan orang tua siswa, memperhatikan dan membina suasana kekeluargaan dengan siswa.