Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Persepsi
Karyawan Mengenai Whistleblowing System terhadap Pencegahan Fraud, (2)
Pengaruh Perilaku Etis terhadap Pencegahan Fraud, (3) Pengaruh Persepsi
Karyawan Mengenai Whistleblowing System dan Perilaku Etis terhadap
Pencegahan Fraud di Bank Syariah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
kausal komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja
pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Fatmawati. Pengambilan sampel
dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada
penelitian ini adalah 40 orang karyawan yang bekerja pada Bank BNI Syariah
Kantor Cabang Fatmawati. Alat uji prasyarat analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji
heteroskesdastisitas, dan uji autokorelasi. Metode analisis data yang digunakan
untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda dan Uji
Hipotesis. Hasil uji hipotesis menunjukkan: (1) Persepsi Karyawan Mengenai
Whistleblowing System berpengaruh positif terhadap Pencegahan Fraud, hal ini
dibuktikan dengan nilai thitung (2,182) > ttabel (1,68709), (2) Perilaku Etis
berpengaruh positif terhadap Pencegahan Fraud, hal ini dibuktikan dengan nilai
thitung (2,735) > ttabel (1,68709), (3) Persepsi Karyawan Mengenai Whistleblowing
System dan Perilaku Etis Secara Simultan berpengaruh positif terhadap
Pencegahan Fraud, hal ini dibuktikan dengan nilai f penelitian Fhitung (9,412) >
Ftabel (3,252) .