Abstrak
Dalam kemajuan teknologi yang sangat pesat saat ini, selain produsen
ponsel yang bersaing dengan mengeluarkan beberapa varian ponsel, para provider
pun ikut bersaing untuk mendapatkan perhatian khalayak agar tertarik terhadap
produk mereka. Salah satu produk barang atau jasa yang diiklankan melalui
televisi yaitu XL Axiata. Bertepatan dengan ulang tahun nya yang ke 18 XL
Axiata menayangkan iklan versi logo baru XL di televisi. Adapun rumusan
masalah penelitian ini adalah Apakah terdapat hubungan perhatian kepada
tayangan iklan XL versi ?logo baru XL? di televisi dengan minat beli pada
Mahasiswa FISIP Uhamka Jakarta?
Penelitian ini menggunakan paradigm positivisme. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teori S-O-R dan model AIDCA, sedangkan metode
yang digunakan adalah metode survey, dengan jenis penelitian eksplanatif
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP UHAMKA,
Jakarta yang berjumlah 563 orang dan sampel 234 orang. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah teknik stratified sampling.
Dari hasil analisis korelasi dengan rumus Pearson, dapat disimpulkan
hipotesis penelitian diterima (X berkorelasi positif dengan Y), artinya hubungan
perhatian tayangan iklan logo baru XL berkorelasi positif dengan minat beli pada
mahasiswa FISIP UHAMKA.
Untuk penelitian selanjutnya, akan lebih menarik jika meneliti sampai
dengan tahap pembelian dan menjelaskan strategi apa yang digunakan perusahaan
agar konsumen membeli produk yang diiklankan. Dengan begitu akan terlihat
apakah promosi melalui media televisi dapat meningkatkan penjualan atau tidak.