Abstrak
Praktisi Humas selain menjadi penghubung antara perusahaan dengan publik,
humas juga bertujuan untuk mempengaruhi publik hingga mengubah tingkah laku
seperti yang diharapkan. Kegiatan humas melingkupi bidang periklanan, pemasaran,
penjualan, dan publisitas. Dalam penelitian ini, Kementerian Pariwisata bekerja sama
dengan media internasional TV TLC dengan tujuan untuk menyebarkan Brand
Wonderful Indonesia melalui iklan dan promosi. Kerja sama yang dilakukan tersebut
merupakan salah satu upaya untuk mencapai target 20 juta wisata mancanegara di
tahun 2019.
Penelitian ini meneliti kerja sama yang dilakukan Kemenpar dengan konteks
komunikasi organisasi dengan TV TLC dalam upaya menyebarkan Brand Wonderful
Indonesia di Asia. Selain itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,
metode studi kasus dan teori sistem (grand theory) yang menjadi landasan pemikiran
penelitian ini. Keterikatan teori sistem dengan penelitian ini adalah tahapan program
pada sistem organisasi Kemenpar yang menjalin kerja sama dengan pihak di luar
organisasi yaitu media internasional TLC.
Hasil yang didapat dari kerja sama ini terdapat adanya peningkatan
kunjungan wisata mancanegara dari tahun lalu sebelum adanya program yang dibuat
dari hasil kerja sama. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan metode
pengumpulan data dengan jenis observasi partisipan agar memperoleh data jauh
lebih dalam. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat dan menambah
pengetahuan penelitian selanjutnya dalam kajian teori Humas seperti teori
manajemen Humas.