Abstrak
Siaran news insert bertajuk Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) berupa
pendapat para narasumber yang berasal dari kalangan pengusaha, kementrian,
tokoh, artis dan lainnya. Narasumber akan memberikan motivasi dan informasi
yang berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan masyarakat ekonomi ASEAN
2015 bagi bangsa Indonesia sesuai dengan bidang yang mereka kuasai. Siaran
radio ini memberikan edukasi atau pemahaman bagi masyarakat untuk tidak diam
dalam menghadapi persaingan MEA 2015.
Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Social Learning Theory. Asumsi teori ini menganalisa
perubahan perilaku seseorang yang dipengaruhi oleh proses-proses belajar yaitu
perhatian, ingatan, reproduksi tindakan dan motivasi.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan
jenis penelitian eksplanatif. Penelitian ini tidak sekedar menggambarkan
fenomena tapi telah mencoba menjelaskan mengapa fenomena itu terjadi dan apa
pengaruhnya. Dengan kata lain penelitian ini menjelaskan hubungan antar dua
variabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tabel variabel X dengan nilai 0,043,
berarti perhatian responden pada kategori sedang dengan skor 099,57-140,06.
Tabel variabel Y berada pada kategori pemahaman tinggi dengan skor 066,68?
100,01, dengan nilai signifikan 0,043 Ho diterima karena kurang dari 0,05, artinya
perhatian mempengaruhi pemahaman pendengar. Penelitian ini dapat
disempurnakan dengan menggunakan teori hierarki pengaruh isi media,
menggunakan analisis wacana untuk mengetahui bagaimana Radio Sindo Trijaya
FM membingkai siaran news insert MEA 2015.