Abstrak
Saat ini smartphone sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat luas,
perusahaan elektronik berbasis teknologi saling bersaing dalam mempromosikan
produk smartphone yang ditawarkan agar menjadi perusahaan yang paling banyak
dipilih oleh masyarakat. Perkembangan teknologi informasi memudahkan mereka
memasarkan produk yang dimilikinya dan juga memudahkan pelanggan untuk
melakukan transaksi jual beli di media online. Endee Communication merupakan biro
jasa yang bergerak di bidang periklanan. Dalam mempromosikan produk smartphone
Advan Barcelona, Endee Communication menerapkan strategi Integrated Marketing
Communication yang efektif dengan tujuan untuk meningkatkan brand image Advan
dan dapat meningkatkan penjualan produk.
Penelitian ini menggunakan paradigm post positivism. Teori yang digunakan
adalah Teori Sistem Organisasi, dan model komunikasi Tubbs. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah
deskriptif, metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik pengumpulan
data yang dilakukan adalah wawancara mendalam, observasi non-partisipan dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber,
yaitu dengan membandingkan jawaban dari informan satu dengan informan lainnya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Endee Communication merancang
strategi dan menerapkan Integrated Marketing Communication berupa bauran
promosi untuk mempromosikan produk smartphone Advan Barcelona yaitu
periklanan, public relations atau publicity, direct marketing, personal selling, dan
sales promotion. Penerapan dari strategi yang sudah disusun tersebut akan
menentukan keberhasilan dalam mempromosikan produk smartphone Advan
Barcelona.