Abstrak
Radio berfungsi sebagai media ekspresi, komunikasi, informasi, pendidikan,
dan hiburan. Di dalam setiap radio memiliki strategi dan cara yang berbeda untuk
memperoleh pendengarnya. Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang
berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas
dalam kurun waktu tertentu. Di dalam strategi yang baik terdapat koordinasi tim
kerja, memiliki tema, mengidentifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan
prinsip-prinsip pelaksanaan gagasan secara rasional, efisien dalam pendanaan, dan
memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif.
Penelitian ini mengkaji mengenai strategi Trax FM untuk memperoleh
pendengarnya. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan
pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Informan penelitian ini
terdiri atas program director Trax FM sebagai informan kunci, sebagai informan
tambahan terdiri dari produser radio Trax FM dan penyiar kompak bareng.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa strategi yang dilakukan program
Kompak Bareng untuk menjaring pendengarnya dilihat melalui praproduksi yang
melihat proses awal pembuatan sebuah program Kompak Bareng, produksi siaran
program Kompak Bareng adalah hasil kerja sama antara penyiar dan operator, dan
kerja sama ini menentukan baik tidaknya suatu produksi siaran dan pasca produksi
yang di lakukan program Kompak Bareng adalah dengan cara evaluasi karena sifat
program tersebut adalah on air.
Penelitian selanjutnya disarankan mengkaji tentang proses dan format radio
Trax FM dengan metode analisis isi kualitatif, guna untuk memperkaya literatur
penelitian Ilmu Komunikasi khususnya dalam bidang penyiaran.