Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi pemilik akun
Instagram @kuliner untuk memperkenalkan kuliner Nusantara. Selain itu
penelitian ini juga untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menimbulkan
motivasi pemilik akun Instagram @kuliner untuk memperkenalkan kuliner
Nusantara.
Berhubungan dengan tujuan penelitian, maka teori yang digunakan adalah
teori motivasi ERG Clayton Alderfer, dan teori komunikasi dunia maya. Unit
analisis penelitian ini adalah motivasi pemilik akun Instagram @kuliner.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
penelitian analisis isi kualitatif, di mana peneliti ingin mengetahui motivasi
pemilik akun Instagram @kuliner untuk memperkenalkan kuliner Nusantara
dengan wawancara mendalam.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa motivasi pemilik akun @kuliner
untuk memperkenalkan kuliner Nusantara terbagi dalam tiga kebutuhan.
Kebutuhan keberadaan (Existence Need) yang meliputi memperkenalkan kuliner
Nusantara secara luas, pesan yang informatif, like yang banyak, logo di setiap foto
yang di unggah, memilih angle foto yang baik dan menarik perhatian, tuntutan
persaingan, pengikut yang banyak, tagar (#), foto yang diunggah, tawaran review
yang banyak masuk, serta keeksistensian pemilik akun @kuliner. Kebutuhan
berhubungan ( Relatedness Need) yang meliputi interaksi, komentar, tanggapan,
like, serta dukungan dari followers. Sedangkan kebutuhan berkembang (Growth
Need) yang meliputi penyaluran hobi atau keterampilan, memperkenalkan
makanan lokal sebagai identitas budaya bangsa, mengeksplore makanan
Nusantara secara luas.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan menambah
pengetahuan mahasiswa tentang makanan lokal di Indonesia sehingga dapat
menjadi referensi dalam penelitian selanjutnya untuk menggali lebih dalam
persoalan-persoalan makanan lokal di Indonesia.