Abstrak
Peran Band Slank yang semangat membantu pecandu agar bisa bebas merupakan wujud nyata mereka memerangi penyalagunaan narkoba, dalam mengkampanyekan anti narkoba Band Slank berkerja sama oleh pihak badan narkotika nasional BNN, Band Slank berupaya membuat tahapan strategi komunikasi upaya dalam mengkampanyekan anti narkoba. Oleh karena itu penelitian ini memfokuskan pada strategi komunikasi Band Slank dalam mengkampanyekan anti narkoba. Penelitian ini menggunakan konsep strategi komunikasi dan teori sistem. konsep ini digunakan untuk mengetahui proses atau tahapan yang dilakukan oleh Band Slank dalam menghasilakan sebuah strategi komunikasi. Serta mennggunakan konsep kampanye humas yang digunakan untuk mengetahui kampanye yang dilakukan Band Slank yang bekerja sama dengan BNN Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif bertujuan untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data sedalam-dalamnya. Menggunakan jenis penelitian deskritif bertujuan untuk menggambarkan realitas sosial yang ada di masyarakat yang menjadi objek penelitian dan berupaya menarik realitas itu ke permukaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Band Slank membuat sebuah strategi komunikasi yang di tuangkan melalui tahapan, mengenal sasaran komunikasi dalam faktor situasi dan kondisi yaitu komunikan dengan memberikan pesan-pesan yang tidak terlalu berbobot, pemelihian media yaitu dengan musik,lirik dan film, tahap tujuan pesan komunikasi yang dilakukan yaitu dengan teknik persuasif atau ajakan, peranan komunikator dalam komunikasi Band Slank sebagai publik figure. Dalam kampanye Band Slank yang bekerja sama pihak BNN yaitu dengan konser-konser yang bertemakan anti narkoba dan juga membuat rehabilitas gratis bagi para pengguna narkoba untuk sembuh dari ketergantungan narkoba. Penulis menyarankan kepada penelitian yang akan datang mencoba dengan metodelogi studi kasus dengan paradigma yang berbeda seperti paradigma kritis untuk memperkaya refrensi yang ada.