Abstrak
Jumlah kunjungan pasien rawat jalan di RSUD Kalideres mengalami fluktuasi kunjungan pasien per tahun dari tahun 2016-2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan minat kunjungan ulang pasien rawat jalan di RSUD Kalideres Jakarta Tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menggunakan data primer melalui pengisian kuesioner. Tempat penelitian dilakukan di RSUD Kalideres Jakarta. Waktu penelitian dimulai pada bulan Oktober 2018 sampai dengan bulan September 2019. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2.775 orang pada bulan Mei. Jumlah sampel yang diambil terdiri dari 115 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Hasil univariat menunjukkan responden berdasarkan produk dalam kategori baik (59,1%), harga dalam kategori terjangkau (70,4%), tempat dalam kategori strategis (72,2%), promosi dalam kategori baik (75,7%), orang dalam kategori baik (89,6%), proses dalam kategori baik (49,6%), dan bukti fisik dalam kategori baik (64,3%). Hasil bivariat menunjukkan variabel yang berhubungan dengan minat kunjungan ulang adalah produk, harga, tempat, orang, proses dan bukti fisik. Sedangkan variabel yang tidak berhubungan dengan minat kunjungan ulang adalah promosi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan perlu adanya sistem aplikasi yang membuat proses antrian nomor pasien dilayani dengan cepat, perlu ditingkatkan nya promosi rumah sakit serta ditambahkan sarana dan prasarana rumah sakit dan alat penunjang lainnya.