Abstrak
Peningkatan angka prevalensi kejadian DM tiap tahunnya terus meningkat, salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan terhadap penyakit DM yang mempengaruhi seseorang untuk berpotensi terkena DM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan pengetahuan DM akibat pemberian media leaflet pada siswa kelas XI IPA di SMAN 28 Kabupaten Tangerang pada tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Jumlah sampel yang diambil terdiri dari 144 siswa terbagi atas kelompok eksperimen sebanyak 72 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 72 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Penelitian dilaksanakan dengan membagi sampel menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariate (Uji Wilcoxon 2 Sampel dan Uji Independent Sampel T.Test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan responden terhadap perubahan pengetahuan yang mengalami kenaikan pada kelompok eksperimen yaitu 77.4%. Berdasarkan analisis bivariat menyatakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki perbedaan skor sebelum dan sesudah pengetahuan (Pvalue < 0.05) serta memiliki nilai selisih sebelum dan sesudah pengetahuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (Pvalue < 0.005). Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk pihak sekolah bekerja sama dengan petugas kesehatan sekitar untuk melakukan program penyuluhan/edukasi sebagai langkah awal pencegahan/upaya promotif dan preventif suatu penyakit.