Abstrak
Generasi z ialah generasi yang lahir di mana era teknologi sudah semakin
canggih. Mereka terbiasa menggunakan internet untuk kegiatan sehari-harinya,
sehingga mereka kesulitan jika harus bersosialisasi secara face to face
dibandingkan bersosialisasi melalui media sosial atau internet. Terlalu
mengandalkan teknologi dapat mempengaruhi kepribadian mereka dan
menjadikan generasi z individu yang serba instan dan individualis serta tidak
mempedulikan lingkungan sekitarnya. Maka melihat hal tersebut penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian big five personality
dengan tanggung jawab sosial pada generasi z. Penelitian ini menggunakan skala
big five inventory dan juga social and personal responsibility scale dengan
responden sebanyak 153 anak Sekolah Menengah Atas kelas 10 dan 12. Metode
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisa data yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisa pearson correlation pada
SPSS versi 22. Hasil dari penelitian ini yaitu dengan menghubungkan dimensi big
five personality dengan tanggung jawab sosial. Kemudian diperoleh hubungan
positif yang signifikan antara dimensi extraversion dengan tanggung jawab sosial
dengan nilai signifikasi sebesar 0,022 (p<0,05). Adanya hubungan positif dan
signifikan antara dimensi agreeableness dengan tanggung jawab sosial dengan
nilai signifikasi sebesar 0,006 (p<0,05). Adanya hubungan negatif tidak signifikan
antara dimensi openness to experience dengan tanggung jawab sosial dengan nilai
signifikasi sebesar 0,024 (p<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga
dimensi yang diuji memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan
tanggung jawab sosial.