Abstrak
Generasi z ialah generasi yang lahir di mana era teknologi sudah semakin canggih. Mereka terbiasa menggunakan internet untuk kegiatan sehari-harinya, sehingga mereka kesulitan jika harus bersosialisasi secara face to face dibandingkan bersosialisasi melalui media sosial atau internet. Terlalu mengandalkan teknologi dapat mempengaruhi kepribadian mereka dan menjadikan generasi z individu yang serba instan dan individualis serta tidak mempedulikan lingkungan sekitarnya. Maka melihat hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian big five personality dengan tanggung jawab sosial pada generasi z. Penelitian ini menggunakan skala big five inventory dan juga social and personal responsibility scale dengan responden sebanyak 153 anak Sekolah Menengah Atas kelas 10 dan 12. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisa pearson correlation pada SPSS versi 22. Hasil dari penelitian ini yaitu dengan menghubungkan dimensi big five personality dengan tanggung jawab sosial. Kemudian diperoleh hubungan positif yang signifikan antara dimensi extraversion dengan tanggung jawab sosial dengan nilai signifikasi sebesar 0,022 (p<0,05). Adanya hubungan positif dan signifikan antara dimensi agreeableness dengan tanggung jawab sosial dengan nilai signifikasi sebesar 0,006 (p<0,05). Adanya hubungan negatif tidak signifikan antara dimensi openness to experience dengan tanggung jawab sosial dengan nilai signifikasi sebesar 0,024 (p<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga dimensi yang diuji memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan tanggung jawab sosial.